Curhatan Arya tentang roda dua

Setelah Asia Tenggara diramaikan oleh motor sport 250 cc, fokus beberapa pabrikan dunia beralih ke kapasitas 600 cc. Kawasaki menggebrak dengan Ninja 250 cc kemudian diikuti Honda CBR 250 & All New CBR 150. Tampaknya Suzuki mau ikutan dengan GW 250 cc yang modelnya touring.

Suzuki GW 250 cc

Tinggal Yamaha yang tampaknya hanya mau konsentrasi di kelas 150 cc (Yamaha Vixion, Yamaha R15, Yamaha FZ-16). Sebenarnya Yamaha punya motor 250 cc yang basis mirip dengan Scorpio 223 cc, yaitu Fazer 250. Scorpio sendiri sudah mengalami big facelift, jadi kemungkinan fazer masuk mungkin 2-3 tahun mendatang. Itu juga kalo YMKI masih berminat ke kelas ini, xixixi…..

Balik ke topik !! Hampir semua pabrikan dunia punya jagoan masing-masing di kelas 600 cc, dan beberapa di antaranya sudah masuk ke Malaysia, Thailand, India, dsb. Bukannya masuk, malah beberapa merk sudah dirakit di Malaysia. Indonesia kapan nih? Apa karena terganjal UU (Penulis lupa tepatnya) yang isinya kurang lebih menyebutkan kalau motor dengan cc diatas 250 cc termasuk barang mewah? sehingga bea pajaknya tinggi sekali, bisa 2x lipat dari harga aslinya. Well, entahlah. Jadi hanya segelintir orang saja yang bisa menikmati enaknya memiliki motor tersebut….

Nah, motor apa sajakah yang ada di Negeri Jiran tersebut? Sebut saja KTM Duke 690 dan Duke 690 R. Kawasaki dengan ER-6n, ER-6f, XZ-6R dan Versys. Suzuki juga ikutan dengan Gladius 650. Yamaha bagaimana? ada kok, yaitu XJ6 berdesain half fairing, mirip dengan Pulsar 220.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: