Curhatan Arya tentang roda dua

Hello Guys, setelah Part 1 saya menulis pendahuluan tentang MotoGP, kali ini masuk ke bagian Race Weekend alias Hari Balapan. Di weekend Grand Prix, ada 3 kelas balapan (untuk musim ini, Laguna Seca hanya kelas MotoGP saja).

  • 125cc – Kelas ini adalah kelas pemula bagi pembalap muda untuk bertarung di Kejuaraan Dunia. Motor yang digunakan berkapasitas 125cc, 1 silinder, 2 tak. Umur maksimum si pembalap 28 tahun (25 tahun kalo pembalapnya berstatus wild card atau baru membalap di 125cc GP). Umur minimumnya 16 tahun.

Nicolas Terol di kelas 125cc

  • Moto2 – Kelas ini dikenalin tahun 2008, dan resmi menggantikan kelas 250cc 2 tak tahun 2010. Moto2 dikenalkan dengan alasan “penghematan budget”. Mesinnya disediakan oleh Honda, dan ban oleh Dunlop. Mesinnya berkapasitas 600cc 4 tak, bertenaga 140 hp, tetapi peserta/tim diberikan kebebasan dalam merancang sasis. Tapi masih dalma pengawasan FIM, dong. Frame utama, swingarm, tangki bensin, jok dan fairing tidak boleh diambil dari motor yang beredar di jalan raya (alias mesti desain sendiri). Umur minimum pembalap yaitu 16 tahun.
Stefan Bradl di kelas Moto2
  • MotoGP – Nah kelas ini, adalah kelas utama yang diisi pembalap hebat. Mesin dibatasi sebesar 800cc, 4 tak, dan umur minimum pembalapnya 18 tahun. Motor yang digunakan di kelas ini, semuanya harus prototipe (alias bukan motor yang diadopsi dari motor jalanan, pabrikan harus benar-benar mendesain sendiri).
Jorge Lorenzo di MotoGP
Cuma perjuangan pembalap untuk bisa masuk ke kelas ini tidaklah mudah. Selain mesti punya skill yang hebat juga ditunjang sponsor – alias duit yang banyak. Pembalap kita mentok di urusan duit nih, xixixixi…..

Comments on: "Apa itu MotoGP? (3 Kelas) – Part 2" (6)

  1. mantap kang😀

  2. izin repost ya untuk tugas sekolah^^

  3. izin repost, untuk tugas sekolah^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: