Curhatan Arya tentang roda dua

Sepeda yuk – part 1

Ingin rasanya memiliki sebuah sepeda yang bisa dipakai weekend keliling kota (ya ga se-ekstrim itu sih). Minimal ketika ingin menguras keringat ke suatu tempat yang agak jauh, bisa memakai sepeda. Tapi saya buta tentang sepeda. Yang saya tahu bahwa sepeda itu hanya 1 jenis, ternyata saya salah. Melihat-lihat situs Wikipedia tentang bicycle, ternyata jenisnya banyak juga. Yang lagi cukup populer disini yaitu sepeda Fixie (Fixed Gear – sepeda dengan gir yang tetap dan tanpa rem, remnya ya injak aja pedalnya). Ada juga jenis sepeda MTB, onroad, sepeda balap, dan sebagainya.

Part-partnya yang lebih membuat saya bingung-sekaligus takjub karena harganya. Ternyata benar juga perkataan rekan saya, bahwa untuk membangun sepeda yang tangguh dan bermerk, bisa seharga mobil Toyota Land Cruiser! Sekarang saya percaya hal itu setelah melihat-lihat beberapa web, diantaranya bikeparts.com.

Untuk menghilangkan rasa penasaran saya, maka berpedoman dari wikipedia, bikeparts.com dan sebagainya, saya menulis blog ini, tentang parts sepeda. Mohon koreksinya apabila banyak yang ngawur😀

Secara garis besarnya, ini diagram sepeda standar :

Kita mulai dari abjad ya, saya berpatokan ke bikeparts.com🙂

A.

1. Aero Bars

Mungkin kalau diterjemahkan, alat ini namanya Stang Aero😀 Fungsinya sama saja dengan stang biasa, namun yang ini khusus untuk pembalap dan atlet Triathlon yang membutuhkan kecepatan & waktu.  Tuas rem tetap ada, juga ada alas buat tangan bawah.

Harga 1 set komplit-nya mulai dari USD 100 – 1000. Merknya bervariasi antara lain 3T, Cinelli, Lightning, Profile Design, Vision Tech, Zip, dll. Aero Bar ini terdiri dari beberapa bagian, seperti stangnya sendiri, pad (buat tangan), extension bar dan aksesoris (misalnya braket untuk botol air, braket untuk alat elektronik, tuas rem, indikator gigi, dsb). Berikut beberapa bentuk Stang Aero atau Aero Bar :

Leave a Reply

Tag Cloud

